Minggu, 12 Januari 2014

RENCANA KEGIATAN / PLANNING OF ACTION (POA)

PLANING OF ACTION (POA)
PENGALAMAN BELAJAR LAPANGAN (PBL II)
DESA AKEARA II
TAHUN 2013
No
Jenis Kegiatan
Tujuan
Sasaran
Target
Lokasi
Indikator
Keberhasilan
Waktu
Biaya
Penanggung jawab
Ket
1
Non Fisik










a.     Penyuluhan tentang air bersih

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang air bersih
Masyarakat Desa Akeara
1 kali
Balai Desa

Terjadinya Peningkatan pengetahuan pada peserta penyuluhan sebelum dan sesudah dengan menggunakan Pre dan Post tes
Disesuaikan dengan jadwal PBL II
Disesuaikan
Kelompok 9 & 11


b.     Penyuluhan tentang kesehatan ibu dan bayi (konsumsi makanan yang bergizi, pemberian Asi,imunisasi,perawatan bayi,dll)



Untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya kesehatan ibu dan bayi
Ibu-ibu yang memiliki anak usia 0-5 tahun
1 kali
Balai Desa
Terjadinya Peningkatan pengetahuan pada peserta penyuluhan sebelum dan sesudah dengan menggunakan Pre dan Post tes
Disesuaikan dengan jadwal PBL II
Disesuaikan
Kelompok 9 & 11

2
Fisik










a.     Pemasangan Baliho
Agar masyarakat dapat mengetahui dan selalu ingat isi pesan yang menyangkut dengan penggunaan air bersih bagi tubuh
Masyarakat
2 buah
Desa Akeara
Tersedianya 1 buah baliho yang berisi pesan kesehatan di Desa Akeara
Disesuaikan dengan jadwal PBL II
Disesuaikan
Kelompok 9 & 11


b.     Bakti Sosial
untuk meningkatkan keperdulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan
tempat ibadah dan fasilitas umum
2 kali
Desa Akeara
Adanya kegiatan bakti sosial yang dilakukan sebanyak 2 kali
Disesuaikan dengan jadwal PBL II
Disesuaikan
Kelompok 9 & 11
















SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP)
1.    Pokok Bahasan: Menu Seimbang
2.    Sub Pokok Bahasan:
a.     Pengertian menu seimbang  
b.    Tri Guna Makanan
c.    Faktor penyebab
d.    10 Pesan Umum Gizi Seimbang
3.    Sasaran: Ibu – ibu yang ada di desa Akeara
4.    Waktu: 55 menit
5.    Tempat: Balai desa Akeara
6.    Tujuan Penyuluhan:
1.    Tujuan Instuksional Umum
Setelah dilakukan penyuluhan para ibu dapat memahami tentang menu seimbang, sehingga dapat memberikan menu seimbang dalam keluarga.
2.    Tujuan Instuksional Khusus
a.    Menjelaskan pengertian menu seimbang 
b.     Menjelaskan Tri Guna Makanan
c.      Menyebutkan faktor – faktor yang mempengaruhi penyusunan menu seimbang
d.    Mengetahui 10 Pesan Umum Gizi Seimbang





7.    Kegiatan

No
Langkah - langkah
Waktu
Kegiatan Penyuluh
Kegiatan Sasaran


1


Pengantar


15 menit
memberi salam
memperkenalkan    diri
 menjelaskan maksud dan tujuan
memberikan pre test

menjawab salam
menjawab pertanyaan






2





Penyajian





25 menit
menjelaskan pengertian menu seimbang
menjelaskan Tri Guna Makanan
menyebutkan faktor – faktor yang mempengaruhi penyusunan menu seimbang
menyampaikan 13 Pesan umum Gizi Seimbang





menyimak dengan seksama
3
Evaluasi
15 menit
tanya jawab
memberikan post test
partisipasi aktif
4
Penutup
5 menit
memberi salam
menjawab salam
                                                                                                                               
8.     Metode: ceramah dan Tanya jawab
9.    Media: pamphlet,baliho
10. Materi: terlampir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar