PLANING OF ACTION
(POA)
PENGALAMAN BELAJAR
LAPANGAN (PBL II)
DESA AKEARA II
TAHUN 2013
No
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Sasaran
|
Target
|
Lokasi
|
Indikator
Keberhasilan
|
Waktu
|
Biaya
|
Penanggung jawab
|
Ket
|
||
1
|
Non Fisik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
a.
Penyuluhan tentang air bersih
|
Untuk meningkatkan pengetahuan tentang air bersih
|
Masyarakat Desa Akeara
|
1 kali
|
Balai Desa
|
Terjadinya Peningkatan pengetahuan pada peserta penyuluhan sebelum dan sesudah dengan menggunakan Pre dan Post
tes
|
Disesuaikan dengan jadwal PBL II
|
Disesuaikan
|
Kelompok 9 & 11
|
|
||
|
||||||||||||
|
b.
Penyuluhan tentang
kesehatan ibu dan bayi (konsumsi makanan yang bergizi, pemberian Asi,imunisasi,perawatan bayi,dll)
|
Untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya
kesehatan ibu dan bayi
|
Ibu-ibu yang memiliki anak usia 0-5 tahun
|
1 kali
|
Balai Desa
|
Terjadinya Peningkatan pengetahuan pada peserta
penyuluhan
sebelum dan sesudah dengan menggunakan Pre dan Post tes
|
Disesuaikan dengan jadwal PBL II
|
Disesuaikan
|
Kelompok 9 & 11
|
|
||
2
|
Fisik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
a.
Pemasangan Baliho
|
Agar masyarakat dapat mengetahui dan selalu ingat
isi pesan yang menyangkut dengan penggunaan air bersih bagi tubuh
|
Masyarakat
|
2 buah
|
Desa Akeara
|
Tersedianya 1 buah
baliho yang berisi pesan kesehatan di Desa Akeara
|
Disesuaikan dengan
jadwal PBL II
|
Disesuaikan
|
Kelompok 9 & 11
|
|
||
|
b.
Bakti Sosial
|
untuk meningkatkan keperdulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan
|
tempat ibadah dan fasilitas umum
|
2 kali
|
Desa Akeara
|
Adanya kegiatan
bakti sosial yang dilakukan sebanyak 2 kali
|
Disesuaikan dengan
jadwal PBL II
|
Disesuaikan
|
Kelompok 9 & 11
|
|
||
SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP)
1. Pokok Bahasan: Menu Seimbang
2. Sub Pokok Bahasan:
a. Pengertian menu
seimbang
b. Tri Guna Makanan
c. Faktor penyebab
d. 10 Pesan Umum Gizi Seimbang
3. Sasaran: Ibu – ibu yang ada di desa Akeara
4. Waktu: 55 menit
5. Tempat: Balai desa Akeara
6. Tujuan Penyuluhan:
1. Tujuan Instuksional Umum
Setelah dilakukan penyuluhan para ibu dapat memahami tentang menu
seimbang, sehingga dapat memberikan menu seimbang dalam keluarga.
2. Tujuan Instuksional Khusus
a. Menjelaskan pengertian menu seimbang
b. Menjelaskan Tri
Guna Makanan
c. Menyebutkan
faktor – faktor yang mempengaruhi penyusunan menu seimbang
d. Mengetahui 10 Pesan Umum Gizi Seimbang
7. Kegiatan
No
|
Langkah
- langkah
|
Waktu
|
Kegiatan
Penyuluh
|
Kegiatan Sasaran
|
1
|
Pengantar
|
15 menit
|
memberi salam
memperkenalkan
diri
menjelaskan
maksud dan tujuan
memberikan pre test
|
menjawab salam
menjawab pertanyaan
|
2
|
Penyajian
|
25 menit
|
menjelaskan
pengertian menu seimbang
menjelaskan
Tri Guna Makanan
menyebutkan faktor
– faktor yang mempengaruhi penyusunan menu seimbang
menyampaikan
13 Pesan umum Gizi Seimbang
|
menyimak
dengan seksama
|
3
|
Evaluasi
|
15 menit
|
tanya jawab
memberikan
post test
|
partisipasi
aktif
|
4
|
Penutup
|
5 menit
|
memberi salam
|
menjawab salam
|
8. Metode: ceramah
dan Tanya jawab
9. Media: pamphlet,baliho
10. Materi: terlampir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar